Kehadiran smartphone di jaman yang serba canggih sekarang ini bukan merupakan sebuah barang mahal lagi. Smartphone telah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari dan sudah pula pun menjadi sebuah gaya hidup dari seseorang. kalau kita kembali melirik sejarah, 5 tahun yang lalu keberadaan smartphone dan yang memilikinya adalah kalangan menengah keatas.

Mulai dari anak-anak, remaja, manusia dewasa, hingga ke orang-orang tua, hampir semuanya memiliki smartphone. Smartphone merupakan telepon selular (ponsel) pintar yang hadir melalui tahapan upgrade dari telepon genggam klasik. Kalau telepon genggam biasa hanya sekadar untuk bertelepon dan mengirim pesan teks berupa sms (Short Message Service), sedangkan smartphone mengalami peningkatan upgrade yang signifikan.

Fungsi kehadiran smartphone menghadirkan tingkatan dan perubahan yang sangat kompleks, mulai dari berinternetan biasa (browsing), berjualan secara online (Online Shop), Chat dengan sesama pengguna (melalui aplikasi Whatsapps, Telegram, atau Line), Sosial Media (instagram, Twitter, Facebook, Linkedn, dan lain-lain), hingga fungsi smartphone juga dapat menghubungkan konekvitas dengan elektronik lain seperti camera Mirrorless/DSLR, Action Camera, Drone, AC, dan lain sebagainya.

Secara fungsi smartphone saat ini lebih diutamakan yang mempunyai kamera canggih. Di setiap momen ketika ada event berlangsung, jalan-jalan, atau hanya sekadar iseng, fungsi kamera banyak dipergunakan. Tren yang sangat fenomenal ini membuat banyak Perusahaan dari produsen smartphone selalu upgrade pada lini kameranya. Terutama kaum hawa sangat menyenangi fitur kamera yang sangat canggih ini, entah itu fitur AI-nya, fitur Beauty-nya, Sedangkan kaum adam mengarah langsung untuk hal fotografi dan videografi yang bisa digunakan untuk segala situasi.

Anak kecil sedang asik bermain smartphone - Smartphone, Gaya Hidup atau Kebutuhan?

Anak kecil sedang asik bermain smartphone – Smartphone, Gaya Hidup atau Kebutuhan?

Smartphone, Gaya Hidup atau Kebutuhan?

Memilih smartphone memang gampang-gampang susah kalau tidak memiliki sasaran yang tepat, terlebih bila terkendala oleh budget. Kendala-kendala tersebut akan terpatahkan ketika kita memilih smartphone sesuai dengan kebutuhan kita dan tidak memilih sebagai gaya hidup. Akan tetapi bila budget bukan lagi masalah, memilih smartphone kelas atas dengan segudang fitur-fitur yang canggih akan menjadi pilihan yang terbaik.

Di tahun 2019 ini sudah banyak vendor dari smartphone yang mengeluarkan produk yang bervariasi sesuai dengan kelas dari smartphone tersebut. Beberapa vendor dari yang ternama hingga vendor yang baru saja ikut terjun dalam persaingan pasar smartphone Indonesia. Sebut saja seperti Samsung, Xiaomi, OPPO, VIVO, ASUS, Realme, dan lain sebagainya. Dari beberapa vendor yang saya sebutkan, mereka mempunyai lini kelasnya masing-masing. Ada yang mengeluarkan seri kelas atas, menengah, juga kelas bawah.

Smartphone lini bawah dengan harga murah banyak juga yang memiliki kualitas yang baik, murah bukan berarti murahan walau dipangkas dari hardware-hardware tertentu yang memang sebelas dua belas dengan hardware yang sudah tentu mahal. Dari segi desain smartphone pada segmen bawah belum tentu juga tidak apik. Banyak vendor smartphone tetap mengangkat hal ini, tentunya juga dengan performa yang baik dan bersaing dengan kompetitor sesuai dengan kelasnya masing-masing.

Smartphone Samsung

Samsung di tahun 2019 adalah salah satu vendor terbaik untuk basis smartphone Android. Berbeda saat Samsung masuk pertama kali di Indonesia, vendor tersebut mengarah hanya kalangan bawah saja yang saat itu berjaya dengan seri Galaxy-nya, seiring dengan jaman yang kian maju Samsung juga ikut berinovasi hingga mempunyai seri-seri smartphone hingga ke kelas atas, sebut saja seperti seri Samsung Galaxy Note 10 yang merupakan produk terbarunya.

Smartphone, Gaya Hidup atau Kebutuhan?

Smartphone, Gaya Hidup atau Kebutuhan?

Walau Samsung sudah sampai tahap sebagai vendor terbaik yang mencapai puncak popularitas di dunia, vendor yang berasal dari negara Korea Selatan ini tidak begitu saja terlupa dengan smartphone-smartphone segmen bawah. Samsung masih gencar dengan penjualan produk di segmen bawah, di tahun 2019 ini Samsung mengenalkan seri M yang antara lain adalah Samsung Galaxy M10, Samsung Galaxy M20. Ada juga seri menengahnya yang diwakili dengan seri A, seperti Samsung Galaxy A50, Samsung Galaxy A70, dan Samsung Galaxy A80.

Banyak sudah smartphone yang tercipta dari vendor Samsung ini, kalau melihat kebelakang kita bisa menilai sudah berapa banyak smartphone yang dikeluarkan oleh Samsung. Mulai dari Samsung Galaxy seri J, Samsung Galaxy seri E, Samsung Galaxy seri M, Samsung Galaxy seri A, Samsung Galaxy seri Note, dan Samsung Galaxy seri S. Pilihan membeli smartphone sesuai kebutuhan atau gaya hidup ada di tangan kalian.

Smartphone Xiaomi

Xiaomi merupakan vendor smartphone asal China, negara dengan sebutan negara tirai bambu ini juga banyak mengeluarkan produk-produk smartphone dengan bernaung di banyak vendor. Salah satu penggebraknya adalah Xiaomi. Awal masuk di Indonesia Xiaomi menggebrak pasar Indonesia dengan seri Redmi 1s. Saya pribadi juga sempat memakai produk Xiaomi Redmi 1s ini, lalu kemudian berkembang mengeluarkan seri-seri lainnya yang saat itu launching adalah Xiaomi Redmi 2.

Smartphone Xiaomi - Smartphone, Gaya Hidup atau Kebutuhan?

Smartphone Xiaomi – Smartphone, Gaya Hidup atau Kebutuhan?

Setiap Xiaomi mengeluarkan produknya selalu fenomenal, karena Xiaomi mampu meyakinkan pasar Indonesia dengan hardware yang mampu bersaing dengan smartphone kelas atas tetapi di banderol dengan harga yang sangat murah. Bayangkan hanya dengan 1 juta-an rupiah saja kalian sudah bisa memiliki smartphone yang sangat canggih. Pada saat itu, Xiaomi belum meluncurkan smartphone dengan seri mewahnya.

Dengan banyaknya vendor yang mengeluarkan inovasi-inovasi terkini terutama di lini optimasi kamera smartphone dan seri-seri gaming pada smartphone, membuat Xiaomi pun tak mau mengalah begitu saja, mereka juga mengeluarkan seri gaming yang tak kalah fenomenal dengan vendor-vendor lain. Xiaomi Pocophone menjadi penggebrak pasar smartphone gaming.

Seperti Samsung, Xiaomi dari awal masuknya ke Indonesia juga sudah banyak memiliki seri-seri smartphone yang selalu fenomenal. Untuk segmen bawah, Xiaomi mempunyai smartphone dengan seri Redmi. Untuk segmen menengah hingga atas, Xiaomi mempunyai seri Redmi Note, Mi, dan Pocophone.

Saat ini Xiaomi dan Redmi telah berpisah. Akan tetapi produk dari keduanya itu produk yang sangat baik. Untuk kalangan Menengah kebawah, baik harga yang dipatok oleh Xiaomi dan Redmi merupakan harga yang sangat murah. Dengan harga yang sangat murah para konsumen bukan berarti mendapatkan spesifikasi apa adanya, melainkan dengan harga yang murah juga mendapatkan kualitas yang baik.

Dengan majunya dunia smartphone saat ini, tentunya memilih mempunyai smartphone yang sesuai kebutuhan atau hanya ingin mengikuti gaya hidup untuk prestige itu tetap jatuh pada pilihan kalian. Saya pribadi sudah mencoba produk dari smartphone Samsung dan Xiaomi, keduanya merupakan smartphone Android yang sangat canggih dan saya pribadi merasa puas pernah memiliki diantara vendor tersebut diatas. Nah, bagaimana dengan kalian?

Share this...