Masuk ke dunia blogging sebenarnya jauh banget dari impian saya secara saya expert di bidang jaringan dan hardware, bukan software, namun vonis dokter yang menyatakan saya tak boleh lagi bekerja berat membuat saya terpaksa memutar otak untuk mencari peluang lain. Pilihan pun jatuh pada dunia blogging yang memungkinkan saya bisa bekerja dari rumah saja. Untuk mempersiapkan diri menjadi blogger yang bisa menafkahi anak istri, saya perlu peralatan dengan kinerja terbaik, dan saya kesengsem untuk memilih menggunakan laptop ASUS VivoBook A407 untuk aktivitas blogging maksimal.

Persiapan Menjadi Blogger

Ketika awal memutuskan menjadi blogger, saya sempat ragu. Bisakah saya masuk ke dunia blogging yang sama sekali tak saya kenali? Memang sebelum sakit, saya sudah bekerja di bidang IT. Pertama, saya menjadi IT Engineer di salah satu kantor konsultan pajak di Jakarta. Tugas saya tak jauh-jauh dari maintenance jaringan, berkutat dengan kabel-kabel, sinkronisasi server, dan sejenisnya, termasuk melakukan perawatan dan perbaikan semua laptop para auditor yang bekerja di kantor tersebut.

Dua tahun saya bekerja di sana sebelum saya diajak pindah kerja ke salah satu kontraktor yang menjadi rekanan PLN Pusat Jakarta. Di pekerjaan kedua ini, saya menjadi IT Analyst yang menginput seluruh data pemakaian listrik di Indonesia. Selama bekerja di dua tempat ini, saya tahu yang namanya blog dan dunia blogging, namun saya tak pernah menyentuhnya. Pekerjaan padat merayap dengan deadline super ketat. Jam kerja tak lagi 9 to 5 karena sering lembur hingga tengah malam. Saya akhirnya sakit dan karier saya sebagai pekerja kantoran pun tak mungkin lagi saya teruskan.

Kalau selama ini saya tak pernah bersentuhan denan blog, website, dan tetek bengeknya, bagaimana caranya agar saya bisa memulai berkarier sebagai blogger yang menghasilkan uang untuk tetap bisa menghidupi keluarga? Memangnya bisa jadi blogger menghasilkan uang yang cukup untuk hidup di Jakarta?

Istri saya yang berkarier sebagai penulis buku dan sudah lebih dulu beraktivitas di dunia blog memiliki peran besar dalam hidup saya. Dia yang mengusulkan agar saya lebih dulu membuat blog. Masalah dapat uang atau tidak, nanti dipikirkan belakangan. Begitulah katanya, apalagi dia bilang tabungan kami masih ada dan cukuplah untuk menghidupi kami untuk beberapa bulan ke depan.

Oke, saya pun mencoba membuat blog di blogger.com. Namun setelah mengutak-atik selama beberapa hari, saya kurang puas. Blogspot tidak mengakomodasi keinginan saya memiliki blog atau website yang sesuai dengan kepribadian saya. Saya lalu mencoba membuat di wordpress.com dan menggabungkannya dengan wordpress.org. Saya juga mencari banyak informasi mengenai self hosting karena dari banyak artikel yang saya temukan, blog dengan Top Level Domain (TLD) lebih menjanjikan daripada saya menggunakan blog gratisan.

Banyak hal terpaksa saya pelajari dalam waktu sesingkat dan secepat mungkin, mulai dari cara membuat blog, membangun blog secara optimal agar ada pengunjung, mengisi konten, mempelajari penulisan konten yang bisa mendatangkan trafik, bahkan mempelajari SEO on page dan off page agar blog saya beserta seluruh kontennya bisa terindeks dengan cepat di mesin pencari, dan hal berikutnya mulai bergabung dan bersosialisasi dengan berbagai komunitas blogger untuk mendapatkan lebih banyak peluang. Sulit? Mudah dan sulit relatif, tapi seperti yang pernah istri saya katakan, semua akan jadi mudah dan menemukan jalannya kalau saya berusaha mencari dan tak takut mencoba. Kalau gagal, ya coba lagi.

Blog saya puluhan kali mengalami masalah ini dan itu karena saya sering mencoba-coba. Maklum, saya kan mempelajari semuanya secara otodidak. Tapi dari setiap masalah yang muncul itulah saya jadi belajar banyak, termasuk solusi untuk memperbaikinya. Inti yang saya dapatkan dari pengalaman ini adalah belajar itu tak mengenal batas. Saya mesti memaksakan diri untuk mengeluarkan semua kemampuan yang saya miliki agar bisa mengalami peningkatan menjadi lebih baik lagi.

Sejalan dengan tingginya aktivitas ngeblog saya, laptop yang saat itu saya gunakan terasa tak lagi mendukung. Kinerjanya menjadi lambat, apalagi ketika saya membuka banyak halaman untuk mencari referensi yang saya butuhkan. Kebayangkan, saat buka banyak halaman, buka banyak aplikasi untuk mencoba, lalu laptop hang. Sebelnya luar biasa. Saya mau tak mau harus mengulang prosesnya dari awal lagi. Mencari lagi, mencoba lagi, dan apesnya hang lagi. Saya sempat mendengar teman-teman yang menggunakan laptop ASUS lebih mudah dalam bekerja dan blogging. Tapi, bagaimana caranya saya bisa beli laptop ASUS, sementara pemasukan belum ada?

“Uang royalti bukuku keluar nih. Ayo kita beli laptop baru saja biar kamu bisa lebih cepat belajarnya,” usul istri saya suatu hari.
“Trus makan dan hidup kita sehari-hari gimana?” tanya saya bingung. Bisa-bisanya istri saya ini mengusulkan beli laptop ASUS sementara saya belum menghasilkan apa pun? Hidup mengandalkan tabungan yang tersisa sungguh bikin hati merana. Belum lagi anak juga mau masuk kuliah. Kebayang tidak sih apa rasanya?

“Jangan khawatirkan uang. Nanti Tuhan kasih rezeki. Hal terpenting, kamu dan saya berusaha aja dulu,” hibur istri saya. “Sekarang, coba kamu cari deh laptop apa gitu yang harganya terjangkau, performa dan spesifikasi bagus, dan bisa untuk aktivitas blogging maksimal. Atau kalau memang laptop ASUS bagus, ya beli aja laptop ASUS yang kamu mau.”

Saya lagi-lagi mengikuti saran istri saya untuk mulai mencari laptop dengan spesifikasi optimal, namun dengan harga terjangkau. Karena sejak awal saya menginginkan laptop ASUS, maka saya pun mencari informasi lebih banyak mengenai laptop tersebut. Dalam pencarian inilah saya menemukan tulisan-tulisan yang mengulas keunggulan laptop ASUS dan ada pula tipe terbaru yang dikeluarkan ASUS Indonesia, yaitu laptop ASUS Vivobook A407. Saya jadi semakin yakin untuk membeli laptop ASUS.

Alasan Kenapa Harus Punya Laptop ASUS VivoBook A407

1. Performa Yahud yang Mendukung Aktivitas Blogging Multitasking

Laptop ASUS VivoBook A407 memiliki performa yahud untuk aktivitas blogging maksimal dan multitasking. Multitasking yang saya maksud di sini ya seperti kebiasaan saya bekerja untuk beberapa hal sekaligus, antara lain menulis konten, desain, juga browsing dengan multi tab. Dengan dukungan prosesor Skylake Intel® Core™ i3 dengan RAM 4GB DDR4 yang bisa diupgrade hingga 8GB membuat kinerja laptop ASUS ini jadi cepat dan tak perlu menunggu loading yang lama. Selain itu tersedia pula NVIDIA® GeForce® MX110 graphic yang mendukung kekuatan grafis yang bagus baik untuk desain. Blogger kan harus pinter juga bikin infografis atau edit video demi membuat konten yang bisa mendatangkan banyak pembaca sekaligus memberi manfaat bagi pembaca blog. Untuk masalah penyimpanan, jangan kuatir dan tak perlu tambahan lagi karena laptop ASUS VivoBook A407 telah punya penyimpanan sebesar 1TB HDD. Bakal puas dah untuk simpan aplikasi yang dibutuhkan, foto, video, dan file-file pendukung untuk aktivitas blogging.

Laptop Vivobook A407. sumber: www.asus.com

Laptop ASUS VivoBook A407. sumber: www.asus.com

2. Mendukung Mobilitas Tinggi

Mobilitas pemakaian laptop untuk kalangan blogger itu sangat tinggi, saya sudah mengalami hal tersebut. kebutuhan akan performa juga sangat besar. Nah pada laptop ASUS VivoBook A407 sangat lengkap rasanya atas dukungan chip grafis dari Nvidia MX110 yang support dengan dedikasi ram GDDR5 sebesar 2GB. Tugas-tugas harian akan terasa ringan dengan dukungan ini.

3. Display NanoEdge Untuk Tampilan yang Lebih Imersif

Laptop ASUS VivoBook A407 mengusung layar berukuran 14 inchi dengan teknologi NanoEdge Display yang mempunyai rasio layar ke bodinya 73,8%. Bezel layarnya hanya 7,1mm membuat tampilan layar ke laptop terasa lebih luas. Hal ini membuat tampilan lebih imersif.

4. Keamanan Powerfull dengan Fingerprint Sensor

Jika biasanya fingerprint terdapat pada smartphone, laptop ASUS VivoBook A407 ikut pula menyematkan fitur fingerprint demi keamanaan para penggunanya. Sensor fingerprint tersebut disematkan di bagian ujung kanan atas pada area touchpad. Akurasi pemindaian pada laptop ASUS VivoBook A407 tidaklah menyusahkan, ketika jari kalian basah karena keringat scanner fingerprint tetap bisa melakukan pemindaian dengan baik.

Asus Laptop Fingerprint Scanner. sumber: www.asus.com

ASUS Laptop Fingerprint Scanner. sumber: www.asus.com

5. Teknologi ASUS Splendid Untuk Visual Terbaik

Pihak ASUS mengatakan bahwa ketajaman dan kontras dapat ditingkatkan hingga 150% sehingga kualitas gambar akan bisa dinikmati sebaik mungkin. Ya jelas saja, karena ASUS memberikan teknologi Tru2Life sehingga seorang pengguna akan di berikan pengalaman visual yang indah, teknologi ini adalah teknologi visual ASUS Splendid yang akan memberikan visual terbaik untuk semua konten.

6. Tetap Dingin Meski Bekerja Dalam Waktu Lama Dengan Teknologi ASUS IceCool

Teknologi ASUS IceCool memberikan kenyamanan kepada penggunanya dalam hal sirkulasi panas yang dapat diminimalisasikan menggunakan teknologi tersebut. Secara stabil teknologi ini dapat mempertahankan suhu antara 28º celcius – 35º celcius.

Laptop Asus Vivobook di tes dengan GPU-Z. sumber: GPU-Z

Laptop ASUS VivoBook di tes dengan GPU-Z. sumber: GPU-Z

7. Teknologi ASUS Sonicmaster dan Audio Wizard Untuk Kepuasan Menonton Video

Dari namanya sudah tidak asing lagi, ya SonicMaster adalah sebuah audio. ASUS memastikan speaker yang disematkan pada laptop ASUS VivoBook A407 ini cocok bagi penggunanya, tata letak serta posisi diperhitungkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Suara yang baik dan sempurna dihasilkan dari teknologi SonicMaster ini.

8. Daya Tahan Baterai Lama dan Fitur Fast Charging

Lagi-lagi fitur pada smartphone juga di dedikasikan pada teknologi laptop ASUS. ASUS sangat memperhatikan sisi performa ini, itu sebabnya saya sebagai seorang blogger sangat menginginkan fitur fast charging yang sangat dibutuhkan demi mencapai mobilitas saya yang tinggi. ASUS menginformasikan bahwa laptop ASUS VivoBook A407 dapat mengisi baterai dengan cepat, dari posisi low-bat hingga 60% dapat di isi hanya dalam 49 menit.

9. Telah dilengkapi Windows 10

Windows 10 sekarang adalah sistem operasi yang terkini dan user friendly. Hal ini tentu wajib bagi seorang blogger seperti saya, terlebih sistem operasi yang didapat sudah original-genuine. Yakin hari gini pakai software bajakan?

Spesifikasi Lengkap Laptop ASUS VivoBook A407

Blogging Expert Dengan Konten Terbaik Didukung Laptop ASUS VivoBook A407

Dulu saya sering mendengar ungkapan, ngeblog itu nulis artikel saja yang bagus, nggak usah mikirin yang ribet-ribet. Sejalan dengan waktu dan banyaknya aktivitas blogging yang saya lakukan, saya jadi tahu, blogging tidak hanya sekadar menulis artikel bagus. Seorang blogger yang mau expert di dunia blogging harus pula mampu menyajikan konten terbaik.

Konten yang baik tidak hanya berupa tulisan yang bagus, tetapi harus didukung dengan tampilan di blog yang eye catching dan nyaman dibaca. Istilahnya, tampilan visualnya harus menarik untuk mengundang orang mau membaca keseluruhan konten.

Selain itu, tulisan harus pula didukung dengan adanya infografis yang memudahkan pembaca memahami ulasan di dalam tulisan, foto-foto berkualitas bagus dan tak buram, dan lebih baik lagi jika disertai video yang mendukung. Terlebih apabila kita memakai laptop ASUS VivoBook A407, tentu akan memperingan dan mempercepat kinerja kita secara keseluruhan dong.

Beberapa hal yang saya lakukan dalam membuat konten kreatif yang bagus, antara lain:

Dari banyak tips penulisan konten yang ramah SEO itu adalah konten dengan kata kunci dengan penempatan yang tepat dan disebarkan secara merata di seluruh artikel, tanpa membuat isi tulisan jadi terasa membosankan.

Peletakan kata kunci yang ramah SEO

  • Kata kunci ada pada judul.
  • Kata kunci tersedia di subheading.
  • Menyebarkan kata kunci secara merata di paragraf awal, bagian tengah tulisan, dan paragraf terakhir.
  • Agar tak membosankan gunakan kata kunci yang dikombinasi antara short keyword dan longtail keyword.
  • Alt Text pada gambar juga perlu memuat kata kunci.
  • Gunakan plugin yang tepat untuk mendukung konten di blog terindeks dengan cepat di Google, seperti YOAST atau All in One SEO.

Saya biasa bekerja secara multi-tab karena performa laptop yang bisa bekerja cepat tentu saja meningkatkan produktivitas saya dalam memikirkan ide-ide dan mengolahnya menjadi konten, termasuk dalam hal pembuatan infografis. Selain itu NanoEdge Display yang membuat tampilan layar menjadi lebih lebar dan gambar ataupun foto lebih impresif memudahkan saya dalam mendesain infografis.

Untuk membuat infografis ada banyak sekali aplikasi yang tersedia dan bisa dicoba. Saya sih lebih senang pakai aplikasi desain infografis yang sudah tersedia secara online saja, yaitu canva.com. Namun sebelum gambar atau foto dikombinasikan untuk melengkapi inforafis, saya melakukan pengeditan dengan menggunakan Photoshop atau paint.net.

Tinggal di dalam tempurung hanya akan membuatmu melihat hal yang sama, yaitu dinding-dinding tempurung yang mengurungmu. Kalau mau dapat ide-ide yang lebih baik, tinggalkan tempurungmu dan keluarlah. Ada banyak ide terbaik yang menunggu untuk kamu olah di luar sana.

Lagi-lagi, itu adalah kalimat istri saya. Sebagai penulis buku best seller, dia selalu berusaha mencari ide yang berbeda untuk setiap buku yang ditulisnya. Menurutnya, kalau lebih banyak bekerja di dalam ruangan yang sama setiap hari, ide-ide tak akan bisa berkembang dengan baik. Ide yang didapat di dalam ruangan kalau dikombinasikan dengan ide yang didapat di luar ruangan, hasilnya bisa jadi ide yang berbeda, meski diangkat dalam tema yang sama.

Dengan alasan mendapatkan ide yang lebih kaya, lebih berwarna, dan tentu saja lebih kreatif, saya senang bekerja di luar, di tempat yang berbeda-beda, entah itu di kafe, di mall, di suatu taman, di pantai, di tempat wisata, atau di gunung sekalian.

Conclusion

Menggunakan laptop ASUS VivoBook A407 yang sangat portable dengan berat hanya 1,5kg membuat laptop ASUS ini nyaman untuk dibawa ke mana pun. Bisa bekerja di mana saja. Tulang belakang tak perlu merasa sakit karena memanggul laptop ASUS jauh lebih ringan dibandingkan dengan laptop kebanyakan. Dukungan berikutnya yang membuat saya nyaman membawa laptop ini bekerja di luar adalah daya baterai yang tahan lama. Saya tak perlu bingung cari colokan lagi kalau mau kerja, beda sama istri saya yang terpaksa harus bekerja dekat colokan karena baterai laptopnya cepat sekali habis. Sementara saya cukup sesekali saja numpang charging baterai laptop, itu pun tak perlu lama karena pengisian baterai laptop Asus VivoBook A407 punya fasilitas fast charging yang hanya butuh 49 menit waktu pengisian.

Bekerja di luar itu tidak aman. Nanti laptop hilang atau kalau pas ditinggal pergi ke toilet gitu, ada yang isengin laptop dengan mengutak-atik. Kalau saya sih selama ini aman-aman aja. Laptop ASUS VivoBook A407 telah dilengkapi dengan fingerprint sensor, seperti yang telah saya tuliskan di atas. Sensor sidik jari ini juga memiliki fungsi pengenalan 360 derajat dengan akurasi pemindai yang tinggi, meski saat pemindai jari kita basah. Adanya teknologi ini membuat tidak sembarang orang bisa membuka laptop ASUS saya saat saya sedang bekerja di luar sehingga saya tak perlu pula khawatir laptop ASUS saya ini bakal dicuri.

Tiga hal tadi hanyalah sebagian kecil pengalaman yang bisa saya bagikan dalam hal blogging expert dengan konten terbaik. Pokoknya pengalaman menggunakan laptop Asus sangat luar biasa dan membantu saya menjadi lebih produktif dan lebih cepat pula mengalami peningkatan kemampuan dan skill dalam dunia blogging. Bulan Mei 2018 tepat setahun saya jadi blogger dan saya berhasil membuktikan kalau menjadi freelancer dan blogger bisa kok menghasilkan uang demi menghidupi anak istri. Pokoknya mau terus berusaha dan belajar ya. Belajar tak mengenal usia dan batas. Belajarlah terus karena ilmu semakin lama semakin berkembang. Begitu pula teknologi. Jangan sampai tertinggal. Saat ini saya sedang berniat untuk gantian support istri saya yang laptopnya sering ngadat. Saya ingin istri menjadi pengguna laptop Asus Vivobook A407 biar dia kembali produktif menulis buku dan semakin giat belajar membuat konten kreatif untuk blognya. Doakan saya yak, agar mimpi ini segera terwujud.

24 Comments

  1. bloggergunung

    Amin. Semoga terwujud hara+an nya ya.
    Oya, mau tanya nih suami saya juga lagi butuh laptop. A407 ini bisa buat buka CD/DVD gak? Sepertinya tipis gak ada buat buka CD/DVD kah? Soalnya suami perlu yang bisa buat buka CD/DVD gitu.
    Mas punya rekomendasi lain mungkin?

    Trims ya…

    Salam
    Okti Li

    Reply
    • Pewetekno

      Iya kak, karena desainnya tipis jadi ASUS VivoBook A407 tidak menyematkan secara intern DVD-RW nya. Kalau kebutuhannya mau tetap pakai DVD-RW sih sarannya pakai aja yang eksternal (DVD-RW Combo eksternal), murah kok sekitar 100rb s/d 300rb-an.

      Reply
    • Deddy Huang

      gak bisa teh, biasanya kalo ada cd/dvd dia tambah berat bobotnya.

      Reply
  2. hani

    Semoga menang yaa. Sukses selalu…

    Reply
    • Pewetekno

      Aamiin, terima kasih kak Hani

      Reply
  3. Adrianus

    Wah terima kasih kak, lengkap sekali pembahasannya. Saya liat artikel lain juga ada tutorialnya ya.. Asik bisa belajar dari yang expert nih.

    Reply
    • Pewetekno

      Sama-sama pak Adrianus. Semoga betah berlama-lama di blog saya

      Reply
  4. Deddy Huang

    wah.. keren sekali pewe kalau udah nulis.

    aku juga butuh laptop baru nih buat produktif nulis lagi.

    Reply
    • Pewetekno

      Ah, koh deddy sanjungannya tinggi sekali..
      Kan laptop ada 3, ya koh deddy juara 1 dan saya juara 3.. Ikhlas kok hahaha.., eh!!
      Btw terima kasih koh ded ya sudah komen..

      Reply
  5. Mikhail

    Berbagi ilmu plus cerita plus review, cakeppp

    Reply
    • Pewetekno

      terima kasih, saya memang cakep… eh..

      Reply
    • Pewetekno

      sama-sama kak..

      Reply
  6. Monica Anggen

    Suka sama tulisanmu kali ini… Good luck ya

    Reply
    • Pewetekno

      eits.., masa sih?
      yup mudahan rejeki deh…

      Reply
  7. Nurul dwi larasati

    Aku juga mau punya vivobook A407. Selama ini nulis pake hp nggak maksimal.

    Reply
    • Pewetekno

      Waaah iyalah mbak, kalau pakai hape mana maksimal.. yang ada emosi terus kalo saya.. hahaha

      Reply
  8. Matius Teguh Nugroho

    Terus berkarya, mas. Jangan biarkan sakit menghambatmu. Salut nih jadi full time blogger, apalagi sudah berkeluarga, saya yang masih lajang aja nggak berani 😀

    Saya juga pakai ASUS, tepatnya ASUS Transformer. Cocok banget buat travelblogger dan pekerja digital karena laptopnya bisa ditekuk dan dilengkapi layar touchscreen.

    Reply
    • Pewetekno

      Terima kasih mas Matius.
      Yah The power of kepepet itu luar biasa, kalau sudah terjun ya sekalian basahnya juga dialami, dinikmati, dan dipelajari.. hehehe.

      Wah user ASUS juga yah. Keren deh apalagi sudah support touch screen yah.. jadi mupeng..

      Reply
  9. anjarsetyoko

    Mantap ini suami istri menggeluti blogger jadi bisa saling sharing pengalaman., saya jadi pengen nih cari istri blogger juga hehehe. BTW Asus Vivobook a407 bikin mupeng, kuat kali ya buat edit video atau desain grafis

    Reply
  10. Timo

    Gpp Mas, daku pun dulu begitu, dr awal ga tau apa2, kdg hasilnya tipis, kdg lumayan hehe. Yg penting tetep dijalanin aja kl percaya ;).

    Sukses terus ya.

    Reply
  11. Elly Nurul

    Siapa sih yang ngga mau lebih produktif dalam dunia menulis dan blogging.. saya mau banget Mas! Memang butuh laptop baru nih saya, batre dah bocor, kalo lagi nulis blog harus selalu colok batre hiks. laptop ASUS VivoBook A407 ini
    bisa jadi referensi untuk calon laptop baruku nanti mas, InshaAllah bisa memperingan dan mempercepat kinerja kita secara keseluruhan ya Mas! semangat nabung dulu agar bisa beli laptop ASUS ViviBook A407

    Reply
  12. Sugi Siswiyanti

    Ulasannya bikin saya ingin punya laptop Asus ini juga. Supaya mahir bikin infografis yang keren di blog, caranya gimana ya?

    Reply
  13. Lianawati (@lianawati1793)

    wow! keren sekali artikel ini mas
    informatif dan sangat lengkap detailnya.
    semangat terus buat jadi full timer bloggernya ya mas.

    salam kenal, ceritaliana.com 🙂

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.